Manajemen Mencakup kegiatan untuk
mencapai tujuan yang dilakukan oleh individu yang menyumbangkan upayanya yang
terbaik melalui tindakan-tindakan yang telah di tetapkan sebelumnya (George R
Terry, 2006)
Proses Pengoordinasian
kegiatan-kegiatan pekerjaan sehingga pekerjaan tersebut terselesaikan secara
efisien dan efektif dengan dan melalui orang lain (Stephen P Robins,2007)
Hal tersebut meliputi pengetahuan
tentang apa yang harus mereka lakukan, menetapkan cara bagaimana melakukannya,
memahami bagaimana mereka harus melakukannya dan mengukur efektivitas dari
usaha-usaha mereka
Manajemen di fokuskan tidak hanya
dengan mencapai kegiatan yang memenuhi sasaran Organisasi (Efektivitas) saja,
tetapi juga melakukannya dengan seefisien mungkin
1. Efisiensi
: Memperoleh Output Terbesar dengan input yang terkecil;
digambarkan sebagai “Melakukan Segala Sesuatu Secara Benar”
2. Efektifitas
: Menyelesaikan kegiatan-kegiatan sehingga sasaran oraganisasi dapat tercapai;
digambarkan sebagai “ Melakukan
segala sesuatu yang benar”
Manajemen merupakan sebuah kegiatan, pelaksanaannya
disebut manajing dan orang yang melakukan disebut manajer.
Individu yang menjadi manajer menangani tugas-tugas
yang seluruhnya bersifat Manajerial yang penting diantaranya ialah menghentikan
kecenderungan untuk melaksanakan segala sesuatunya seorang diri saja.
Apa Yang
Dikerjakan Manajer?
Menggambarkan apa yang di kerjakan oleh seorang
manajer bukanlah merupakan tugas yang mudah atau sederhana! Seperti halnya tidk
ada dua organsasi yang serupa, tidak ada dua pekerjaan manajer yang serupa
Tiga Skema Penggolongan Khusus
1. Fungsi
2. Peran
3. Keterampilan
Fungsi
Manajemen
1. Planning
/ Merencanakan
2. Organizing
/ Mengorganisasi
3. Actuating
/ Mengarahkan (Memimpin)
4. Controling
/ Mengendalikan
Planning / Merencanakan
Fungsi Manajemen yan mencakup proses mendefinisikan
sasaran, menetapkan strategi untuk mencapai sasaran itu, dan menyusun rencana
untuk mengintegrasikan dan mengoordinir sejumlah kegiatan
Organizing / Mengorganisasi
Fungsi manajemen yang mencakup proses menentukan
tugas apa yang harus dilakukan, siapa yang harus melakukan, bagaimana cara
mengelompokan tugas-tugas itu, siapa harus melapor ke siapa, dan dimana
keputusan harus dibuat
Actuating / Memimpin
Fungsi manajemen yang mencakup motivasi bawahan,
mempengaruhi individu atau tim sewaktu mereka bekerja, memiliki saluran
komunikasi yang paling efektif, dan memecahkan dengan berbagai cara perilaku
karyawan.
Controling / Mengendalikan
Fungsi manajemen yang mencakup memantau kinerja
aktual, membandingkan aktual dengan standar, dan membuat koreksinya jika perlu.
Peran
Manajemen
Peran Antar pribadi : Adalah peran manajerial yang melibatkan
orang dan tugas lain yang bersifat seremonial dan simbolis.
Peran informasional : Adalah peran manajerial yang
meliputi menerima, mengumpulkan dan menyebarkan informasi.
Peran pengambilan keputusan : Peran manajerial yang
berkisar seputar membuat pilihan
Keahlian Manajemen
Keahlian Teknis : Pengetahuan dan keahlian dibidang
spesialisasi tertentu.
Keahlian tentang orang : Kemampuan bekerja secara
baik dengan orang lainsecara individu atau dalam kelompok.
Keahlian Konseptual : Kemampuan berpikir dan
konseptualisasi tentang situasi yang abstrak dan rumit.
Keahlian yang dibutuhkan pada Tingkat Manajemen
yang
berbeda-beda
berbeda-beda
Tidak ada komentar:
Posting Komentar