PPC Iklan Blogger Indonesia

Selasa, 10 April 2012

Pengertian Manajemen


Manajemen Mencakup kegiatan untuk mencapai tujuan yang dilakukan oleh individu yang menyumbangkan upayanya yang terbaik melalui tindakan-tindakan yang telah di tetapkan sebelumnya (George R Terry, 2006)
Proses Pengoordinasian kegiatan-kegiatan pekerjaan sehingga pekerjaan tersebut terselesaikan secara efisien dan efektif dengan dan melalui orang lain (Stephen P Robins,2007)
Hal tersebut meliputi pengetahuan tentang apa yang harus mereka lakukan, menetapkan cara bagaimana melakukannya, memahami bagaimana mereka harus melakukannya dan mengukur efektivitas dari usaha-usaha mereka
Manajemen di fokuskan tidak hanya dengan mencapai kegiatan yang memenuhi sasaran Organisasi (Efektivitas) saja, tetapi juga melakukannya dengan seefisien mungkin
1.       Efisiensi : Memperoleh Output Terbesar dengan input yang terkecil; digambarkan sebagai “Melakukan Segala Sesuatu Secara Benar”
2.       Efektifitas : Menyelesaikan kegiatan-kegiatan sehingga sasaran oraganisasi dapat tercapai; digambarkan sebagai        “ Melakukan segala sesuatu yang benar”
Manajemen merupakan sebuah kegiatan, pelaksanaannya disebut manajing dan orang yang melakukan disebut manajer.
Individu yang menjadi manajer menangani tugas-tugas yang seluruhnya bersifat Manajerial yang penting diantaranya ialah menghentikan kecenderungan untuk melaksanakan segala sesuatunya seorang diri saja.

Apa Yang Dikerjakan Manajer?
Menggambarkan apa yang di kerjakan oleh seorang manajer bukanlah merupakan tugas yang mudah atau sederhana! Seperti halnya tidk ada dua organsasi yang serupa, tidak ada dua pekerjaan manajer yang serupa

Tiga Skema Penggolongan Khusus
1.       Fungsi
2.       Peran
3.       Keterampilan

Fungsi Manajemen
1.       Planning / Merencanakan
2.       Organizing / Mengorganisasi
3.       Actuating / Mengarahkan (Memimpin)
4.       Controling / Mengendalikan
Planning / Merencanakan
Fungsi Manajemen yan mencakup proses mendefinisikan sasaran, menetapkan strategi untuk mencapai sasaran itu, dan menyusun rencana untuk mengintegrasikan dan mengoordinir sejumlah kegiatan
Organizing / Mengorganisasi
Fungsi manajemen yang mencakup proses menentukan tugas apa yang harus dilakukan, siapa yang harus melakukan, bagaimana cara mengelompokan tugas-tugas itu, siapa harus melapor ke siapa, dan dimana keputusan harus dibuat
Actuating / Memimpin
Fungsi manajemen yang mencakup motivasi bawahan, mempengaruhi individu atau tim sewaktu mereka bekerja, memiliki saluran komunikasi yang paling efektif, dan memecahkan dengan berbagai cara perilaku karyawan.
Controling / Mengendalikan
Fungsi manajemen yang mencakup memantau kinerja aktual, membandingkan aktual dengan standar, dan membuat koreksinya jika perlu.

Peran Manajemen
Peran Antar pribadi : Adalah peran manajerial yang melibatkan orang dan tugas lain yang bersifat seremonial dan simbolis.
Peran informasional : Adalah peran manajerial yang meliputi menerima, mengumpulkan dan menyebarkan informasi.
Peran pengambilan keputusan : Peran manajerial yang berkisar seputar membuat pilihan
Keahlian Manajemen
Keahlian Teknis : Pengetahuan dan keahlian dibidang spesialisasi tertentu.
Keahlian tentang orang : Kemampuan bekerja secara baik dengan orang lainsecara individu atau dalam kelompok.
Keahlian Konseptual : Kemampuan berpikir dan konseptualisasi tentang situasi yang abstrak dan rumit.
Keahlian yang dibutuhkan pada Tingkat Manajemen yang
berbeda-beda

Tidak ada komentar:

Posting Komentar